30 Okt 2016

Kumpulan Soal Kompetisi Sains Madrasah

SOAL KSM

1. Anggap volume dari suatu cairan yang mengalir tiap detik, melalui suatu tabung silinder tergantung pada:
a. Gradien tekanan (tekanan/jarak)
b. Jari-jari tabung (r)
c. Koefisien viskositas cairan (η)
Tentukan rumus dari laju volume (volume cairan yang mengalir tiap detik) jika dimensi dari viskositas adalah ML-1T-1

2.  Batu A dijatuhkan bebas dari suatu ketinggian 100 m. Satu detik kemudian batu B dijatuhkan dari ketinggian yang sama dengan kecepatan 20 m/s. Hitung dimana mereka bertemu.

3. Seseorang menarik poros katrol dengan gaya F keatas. Anggap tali dan katrol tidak bermassa dan tidak ada gesekan. Dua benda dipasang pada ujung tali melalui katrol dengan massa M = 2m. Hitunglah:

a. Gaya F terbesar agar M tetap dilantai.

b. Jika F=100N, tentukan percepatan m.
dengan x dalam meter dan t dalam sekon. 







4. Sebuah tangga panjangnya 5 m dan beratnya 280 N disandarkan pada dinding licin dengan membentuk sudut 530 seperti pada gambar di bawah.  Apabila sesaat sebelum tangga tergelincir,  seorang anak telah menaiki tangga sejauh 3 m, tentukan berat anak tersebut! (antara lantai dan tangga= 0,6)
                                                           

5. Sebuah partikel mempunyai simpangan pada sumbu x, yaitu
    x = 0,3 cos (2t + π/6)
   dengan x dalam meter dan t dalam sekon.
a.    Hitung frekuensi, periode, amplitudo, frekuensi sudut, dan konstanta fase geraknya
b.    Berapakah simpangan dan kecepatan awal partikel

6.  Sebuah peluru bermassa 10 gram menumbuk balok bermassa 990 gram yang tergantung pada tali
     tak bermassa. Jika balok berayun setinggi 80 cm, tentukan kecepatan peluru.

7.  Sebuah katrol pejal berbentuk silinder tipis bermassa 4 kg dan berjari-jari 10 cm, dililiti tali yang
     ujungnya digantungi benda bermassa 2 kg. Jika percepatan gravitasi di tempat itu adalah 10 m/s2,
     tentukan percepatan benda.

8.  Jika udara mengalir horizontal melalui sayap pesawat terbang hingga laju udara di atas sayap 30m/s dan 25 m/s di bawah sayap. Bila sayap mempunyai berat 3000 N, dan luas sayap 4 m2, berapakah gaya resultan pada sayap?



9.  Jika kita ingin memindahkan benda bermassa m melalui dua cara, yaitu dengan menggeser pada
     bidang miring AB atau dengan mengangkat benda dari C ke B. Bila kedua cara ini dilakukan
     dengan kecepatan tetap, cara mana yang memerlukan gaya lebih kecil? Bagaimana dengan
     usahanya?


10.  Jika koordinat gerak partikel dalam bidang adalah x = 3 + 2t2 dan
y = 10t + 0,25 t2, maka tentukan persamaan umum kecepatan partikel dan tentukan kecepatan partikel pada t = 2 s!

11.  Sebuah elektron bergerak dalam orbit elips mengelilingi inti atom hidrogen. Massa elektron m, jari-jari orbit r dan kecepatan electron v, sehingga besarnya momentum sudutnya adalah L=mvr, maka tentukanlah nilai a,b,c jika dimensi L dinyatakan dalam [M]a[L]b[T]c.

12. Air sungai mengalir dari barat ke timur pada kelajuan c. Seorang anak berenang searah arus sungai dengan kelajuan v sampai menempuh jarak d. Kemudian anak tersebut berbalik arah dan berenang menuju ke titik berangkatnya semula. Carilah selang waktu yang ditempuh anak tersebut!

13. Sebuah benda bermassa m diam terletak pada pinggir cakram horizontal yang berjari-jari R, koefisien gesek statik antara benda dan cakram adalah μ. Cakram diputar terhadap sumbunya sehingga benda bergerak dan terlempar. Jika tinggi cakram dari lantai adalah h, berapakah jarak horizontal benda dari posisi ketika diam sampai jatuh ke lantai?

14.  Sebuah parasut dijatuhkan dari suatu ketinggian. Setelah jatuh bebas sejauh 60 m parasut itu baru berkembang. Dengan mengembangnya parasut, parasut turun diperlambat dengan perlambatan 2m/s2. Ketika menyentuh tanah kecepatan parasut tepat nol. Berapa lama parasut berada diudara?. Hitung ketinggian parasut saat ia dilepaskan.

15.  Sebuah bola dilepaskan dari keadaan diam di titik A dan meluncur pada bidang lingkaran seperti pada gambar di bawah. Jika tg 𝜃 = ¾ dan di titik B benda tepat berhenti, carilah koefisien gesek antara benda dengan bidang luncur!
       


 
 16.  Dua buah massa m1 = 3 kg dan m2 = 6 kg dihubungkan oleh sebatang kawat kecil yang massanya diabaikan. Sudut kemiringan bidang miring adalah 30o. Koefisien gesekan antara m1 dan m2 dengan bidang miring masing-masing 0,2 dan 0,4. Hitung tegangan kawat dan percepatan sistem.


17. ­­ Batang AB dengan panjang l dan beratnya 500 N digantung seperti gambar.  Beban w
       digantungkan pada batang AB dan berada dalam keadaan setimbang.  Apabila T1 = T2 tentukan
       berat beban w.


18.  Amplitudo sebuah getaran selaras 7 cm dengan periode getaran π/6 sekon. Jika saat waktu getar
       t = 0,  simpangan sama dengan nol maka tentukan:
a. Persamaan simpangannya
b. Persamaan kecepatannya
c. Persamaan percepatannya

19. Sebuah dongkrak hidrolik yang mengandung minyak (massa jenis 800 kg/m3) memiliki luas silinder besar dan kecil 0,5 m2 dan 10-4 m2. Massa penghisap kecil m (kg) tidak diketahui. Jika massa tambahan 510 kg diletakkan di atas penghisap besar , dongkrak berada dalam keadaan kesetimbangan dengan penghisap kecil berada setinggi h = 100 cm di atas penghisap besar. Berapakah besar massa m?

20. Dengan anggapan bahwa bulan berbentuk bola seragam yang jari-jarinnya 1,7x106m dan bermassa 7,3x1022kg. Berapakah percepatan gravitasi di permukaan bulan?

21.  Jika percepatan gravitasi pada permukaan bumi adalah 10 m/s2,berapakah percepatan gravitasi pada keinggian 3R/2 (R=jari-jari bumi) diatas permukaan bumi?

22.  Tekanan di bagian pipa horizontal dengan diameter 2 cm adalah 142 kPa. Air mengalir lewat pipa dengan debit 2,8 liter/s, berapakah diameter di bagian pipa yang dipersempitu agar tekanannya 101 kPa?

23.   Sebuah bis mempunyai kecepatan maksimum 180 km/jam. Lintasan bis dibuat sedemikian rupa sehingga ketika melewati suatu belokan percepatan penumpang tidak lebih besar dari 0,6 g (g=9.8 m/s2). Hitung jari-jari minimum belokan dalam lintasan bis ini.

24.  Sebuah pesawat hendak bergerak dari A ke B kembali ke A. Jarak antara A dan B adalah 600 km. Kecepatan pesawat 600 km/jam. Sepanjang perjalanan bertiup angin kencang ke arah utara dengan kecepatan 100 km/jam. Hitung waktu yang diperlukan untuk melakukan perjalanan bolak-balik itu.

25.  Persamaan untuk gelombang transversal mempunyai bentuk:
       y = 2 sin 2π (t/10 - x/30)
     dengan x dan y dalam cm dan t dalam sekon. Berapa lama waktu yang diperlukan gelombang tersebut untuk menempuh jarak 1,5 meter ?

0 komentar:

Posting Komentar